Nostalgia di pantai ujong blang

Pantai ujong blang. Udah lama ngak berkunjung kemari padahal waktu kecil bisa sebulan dua kali.

Bisa untuk mandi laut atau sekedar makan rujak. Point utamanya tetap jalan jalan sama keluarga.
Pantai ujong blang ini letaknya melewati empat desa yaitu desa ujong blang, ulee jalan, hagu barat laut dan hagu tengah kecamatan banda sakti. Jadi sisiran pantainya panjang.

Sebenarnya kalau dilihat lihat lhoksemawe sendiri berasal dari kata lhok yang berarti dalam dan seumawe yang berarti berputar atau pusaran mata air. Makanya kota ini dikelilingi air atau laut.

Suami pernah bilang kalau seandainya jembatan masuk yang dari arah selat malaka dan jembatan keluar yang di cunda putus mungkin akses ke kota lhoksemawe bakalan susah karena sudah terpisah dengan sungai dan laut.

Jadi kalau ujong blang dijadiin salah satu ikon kota lhoksemawe selain pabrik pabrik itu aku rasa ngak ada salahnya. Hihihihi.
Pantai ini kalau dari pusat kota lhoksemawe sekitar 3 km. Waktu tempuh sekitar 15 menit. Bisa di capai dengan semua alat transportasi darat.

Karena dekat dengan pusat kota dan aksesnya pun mudah maka pantai ini ngak pernah sepi dari pengujung. Selalu rameeeeee.
Seingat aku sedari dari dulu tempat ini sudah menjadi tempat wisata. Tapi baru benar benar diresmikan sejak tahun 2012.
Tapi sayangnya karena begitu banyak pertumbuhan industri dan penambahan lahan pemukiman maka ekosistem disini banyak rusak. Katanya hampir 150 meter pesisir pantai hilang karena abrasi dan banyak pohon pohon kelapa di pesisir yang juga hilang karena kejadian ini. Makanya sekarang luas pantainya mulai mengecil dan wooooow gersang habis disana.

Padahal seingat aku dulu pinggiran pantainya bisa dijadiin tempat main bola dan banyak pohon pohon kelapa untuk berteduh. Setelah tsunami baru di bangun tanggul di tepi pantai untuk mengurangi abrasi ini.
Tapi walaupun demikian pantai ujong blang masih tetap jadi destinasi wisata favorit di lhoksemawe. Karena selain mudah diakses karena dekat kota lhoksemawe kita juga bisa kemari dengan semua alat transportasi darat apapun. Hihihihi.

Selain itu juga ada banyak jambo dengan atap rumbia yang akan menawarkan rujak buah dengan manisan, ikan bakar, indomie rebus dan jajanan lain.

Favorit buk ros alias almarhum mamak adalah rujak. Kalau aku kecil sukanya kuah rujak yang aku cocol dengan kerupuk udang. Rasanya nendang.

Sisanya jelas, laut selalu punya candunya sendiri untuk memanggil kita mandiiiii laut.
Kalau mau sewa ban, pelampung atau sekarang malah kalau mau naik banana boat juga ada. Tapi jangan lupa pake sunblock extra karena panas nya juga extra.

Kalau dulu sih masih aman. Disana masih teduh dan aku masih kecik untuk sadar kalau perlu pakai sunblock.
Time flies. Orang rumah mulai jarang kesana karena ada masa dimana pantainya jorok tingkat dewa dengan sampah dan aku keikutan absen dari ujong blang.

Tapi hari ini ada orang jauh yang minta di bawa jalan jalan. Padahal bukan orang jauh jauh kali dan dia udah pernah kemari tapi tetap request untuk dibawa main kemari. Namanya bang audi termanis manja.
Taraaaaaaa. Ini yang tertangkap kamera. Niat mau mandi tapi apa daya its toooo hot! Yaudah kami makan rujak tanpa kerupuk dan foto foto. Kebetulan ada salah satu jambo yang mulai kekinian dengan menambah ornamen lope lope dengan warna mencolok kalau disanding dengan langit, laut dan pasir.

img20161217142848-01
Kami duduk di jambo dengan deretan kursi panjang. *Pandang yang lama ya karena makin di pandang makin memesona adeknya
img20161217153156-01
ini ornamen pantai yang bikin lebih aduhai.
img20161217143159-01
Rujak buah yang bikir ngiler. Coba cocol dengan kerupuk udang warna kuning. Iiih, ngiler
img20161217152840-01
Selalu gemez lihat perpaduan langit, laut, pasir dan aku. Alhamdulillah ya Allah. Its so amazing.
img20161217153332-01
Ini aku pada mu bang. “i love you”
img20161217152458-02
its tooo hot. Berasa lagi bejemur di pantai
img20161217152952-01
terima kasih abang manis manja adek, selalu sedia untuk jepret dan cariin pose kece untuk adeknya.♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

img20161217152935

Laut bagiku selalu punya candu. Selalu memanggil untuk datang apalagi kalau bersih dan nyaman.

Spesial untuk ujong blang selain semua itu bagi ku, banyak kenangan tentang masa kecil dan tentang ibuk ros disana. Mom i love u. I miss you sooo much. Allah titip rindu ini untuknya.

Untuk suami tersayang selamat ulang tahun. Kapan kapan kita main main lagi yaaaaa.
Semoga pantai ujong blang selalu bersih dari sampah, akan ditanami pohon pohon lagi, diperbaharui dengan sedikit sentuhan arsitek. Lebih kece lagi ah. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s