Serba serbi Boh Gaca (3)

Itu inai aku yang pertama

Salah satu momen yang aku suka menjelang menikah adalah dipakaikan inai atau orang kami bilang boh gaca. Aku suka dipakaikan inai sejak kecil. Tapi seiring bertambah usia kebiasaan ini memudar.

Waktu aku kecil, inai yang sering aku pakai adalah inai daun atau “on gaca”atau daun pacar. Untuk menggunakannya daun ini harus di giling terlebih dahulu dengan batu giling. Baru di pakaikan di kuku tangan dan kaki lalu di bagian telapak tangan hingga ke pertengahan lengan bawah dan di sekitar kaki sendiri. And you must wait semalaman dan siap siap ngak nyenyak tidur karena tangan dan kaki di pakein plastik biar seprei mamak ngak kotor! Ngak cuma itu, hasilnya baru akan maksimal jika kita pakai 3 malam berturut. Tapi kualitas nya jangan ragukan. Jempolan. Inainya kalau di kuku bisa bertahan 2 bulan dan untuk di bagian kulit sekitar 3 mingguan. Puas. Yeah!

sekarang dunia perinaian ini sangat berkembang. Muncul inai instan yang ngak perlu di giling, banyak pilihan warna dan sekali pakai warnanya sudah amat memuaskan. Tapi sayangnya cepat pudar. Belum genap seminggu, ukirannya udah hilang. Apalagi kena sabun, wuih, sebentar aja.

Makanya waktu milih yang pasang henna aku cari orang yang punya inai daun. Setelah dua orang yang dikenalin saudara aku tolak karena mereka ngak punya inai daun, akhirnya aku ketemu sama yang punya apa yang aku mau. Dia yang punya inai daun dan kalau pun pakek inai instan aku mau yang agak tahan lama.

Begitu datang kami langsung diskusi. Setelah diskusi dikit akhirya aku mutusin ngak pakek inai daun karena waktunya udah mepet. 12 jam lagi mau acara. Kan ngak lucu di malam h-1 aku ngak bisa bobok tenang karena kaki dan tangan penuh dengan balutan daun pacar. Yeah, maybe next time. Waktu usia pernikahan 25.

Oh ya,bagi  sebagian besar orang aceh,boh gaca ini sakral. Jadi, si dara baro akan di “peusijuk”.  Seperti di berikan doa yang penuh kebaikan dan kelancaran baru setelah itu inai di pakaikan. Bahkan ada nama malamnya yaitu malam “boh gaca”. Dari beberapa sumber disebutkan bagi orang aceh,memakaikan inai ini ke dara baro adalah usaha membuat si dara baro menjadi semakin cantik. Karena  istri itu dilambangkan sebagai obat pelipur lara sekaligus sebagai perhiasan rumah tangga.

Di beberapa daerah lain di sumatra acara boh gaca ini  juga punya ritual masing masing dan makna tersendiri juga. Ada yang berarti inai itu ungkapan kasih sayang, wujud doa jauhkan dari marabahaya, sudah menikah, mengusir setan, dll.

Tapi setelah berdiskusi dengan keluarga, untuk acara pernikahan aku adat malam boh gaca ditiadakan. Jadi inainya di pakai seperti biasa tanpa adat tapi tetap didoakan.

Nah,waktu di pakaikan inai ini mungkin karena aku kasih motif yang agak susah jadi lamaaaaaaaaa selesainya. Mulai jam 3 sore dan jam 8 malam baru selesai. Memangsih kepotong sama waktu untuk aku salat ashar dan magrib. Tapi tetap aja lama. Dan itu melelahkan! Jadi dara baro itu kalau bisa h-1 jangan kelelahan. Tapi ini nyita waktu nya full. But its okelah. Pengalaman.

Jadi saran dari aku buat yang  mau nikah dan memang mau pakai inai jangan sampek lakuin kesalahan yang sama kayak aku. Maka sebelum terlambat pilihlah warna sesuai, pilihlah jenis inai yang diingikan, pilihlah motif sesuai selera dan pilihlah orang yang benar benar lihai memakaikan inai di tangan kita. Because time untuk dara baro itu artinya beauty. Hihihi. Dan kalau keluarga memang punya keluagan wakt, energi dan biaya lakuin aja adat malam boh gaca. Biar adatnya ngak hilang.

Happy merriage!!!

Dan alhamdulillahnya waktu intat dara baro, yang pakein inai ke aku itu amazing tinggat dewa. Cepat, rapih dan inainya bagus. Cuma 2 jam dengan motif ribet menurut aku. Full tangan dan kaki. Yeaaaaah. Akhirnya impian berinai terpenuhi dengan baik. Alhamdulillah. Thank youuuu.

Selamat berinai.

Ini beberapa contoh inai yang pakein aku inai waktu intat dara baro. Nama ig nya @nurul_henna_aceh

Ini hasil henna nurul, aku yang pojok paling bawah. Cuma dua jam.
Ini henna yang lagi tren. Kata nurul kalau inai ini hilang dalam 6 jam. Jadi buat yang ngak gitu suka sama inai atau risih saat jalan dilihatin orang orang karena kelihatan dara baro, bisa pilih henna jenis ini
Leave a Reply

