jodoh itu pasti ketemu

Namanya nita. Teman duduk SMA selama satu tahun. Tempat curhat paling yes di waktu masih labil. Dan orang yang selalu setia membantu aku “mengarsir” rancang bangun pak martian. Arsiran nita menurut ku nomer dua setelah maya. Kalau maya tidak usah di tanya, pak martian sendiri mengakui “ini bukan kamu buat kan?” , sangking bagusnya arsiran itu. Hahahahaha. jelas lah pak. Kalau aku arsir butuh waktu 7 menit, nita 15 menit maka maya 35 menit. “aku ngak bisa ngak maksimal mut”.

tamat SMA kami berpisah. Nita lanjut kuliah di medan dan kerja disana hingga sekarang dan aku setia tinggal di banda aceh. Kami bertemu setelah lama berpisah bisa di hitung. Antara 0-2 kali dalam 3 tahun. Makanya moment saat nita ke banda aceh, adalah moment yang tidak bisa di lewatkan.

“mut, nita udah di banda ya besok. Sabtu sore balek”, tulis nita via bbm.

“oke, nanti kita atur ya ta”, balas ku.

Tapi apa hendak di kata. Kami sama sama ada keperluan sendiri hingga duduk duduk cantik tidak bisa terealisasi hingga akhirnya sabtu siang datang.

“ta, mutia kerumah kakak nita ajalah. Harus ketemu kita ya sebelum nita pulang. Kirem alamat kakak nita lah”. Tulis ku.

Beberapa saat balasan bbm masuk. “dekat hip burger ada lorong, di depannya ada orang jual buah. Masuk aja lorong itu, lurus. Mentok. Itulah rumahnya”.

“oke sip”.

XXXX

Sabtu tiba. Sekitar jam setengah 2 aku keluar rumah menuju rumah kakak nita dengan alamat sederhana. Nanti bisa di telpon, pikirku. Dengan bekal keyakinan rumah nya sederetan hip burger, aku bismillah saja. Pokoknya dekat hip burger.

Teng…..motor melaju. Aku menyusuri sederetan lorong sejajar dengan hip. 2 kali bolak balik tapi tidak ada lorong yang di penuhi orang jualan buah seperti instruksi nita.

Akhirnya aku telpon. “ta, kok ngak ada lorong nya sederetan hip?”

“bukan sederetan hip mut, tapi di depan hip. Tanjung v nama lorongnya”

“oke ta”.

Aku berbalik arah. Huft! Kepedean sih. Padahal tau kemampuan mapping abal abal. Tapi sok yes aja maen jalan jalan terus. Hahahaha. Bukan tanya sejelas jelasnya baru go!

Kembali menyusuri jalan di depan hip. Dan kejadian sama terulang. Tidak ada lorong bernama tanjung v. Jam udah mau setengah 3. Aq harus segera ke klinik. Akhirnya dengan sedikit kecewa, aku berhenti dan menekan nomor hp nita.

“ta, ngak dapat lorongnya. Mutia udah telat ke klinik. Kapan2 kita jumpa ya. Maaf nita”.

“iya, ngak apa mut. Kapan kapan aja. Belum jodoh kita ketemu kadang, insyallah lain waktu”.

hp di matikan dan motor siap melaju lagi. Beberapa meter dari tempat tadi, aku berhenti di depan kios yang disekelilingnya banyak penjual buah buahan, mau isi bensin. Sudah cukup perjalanan yang mati mendadak di tengah jalan berkali kali. Jangan sampai terulang lagi.

Awalnya sih iseng, “buk, tau ngak jalan tanjung v mana?”, tanya ku sama si ibu penjuak bensin.

“aduh dek, saya orang baru juga disini. Tapi setau saya jalan tanjung itu banyak. Ini juga lorong tanjung dek”, kata nya sambil menunjuk lorong dibelakang kami. Ada papan namanya “tanjung v”, tertulis disana.

“kenapa dek?”,

“cari alamat buk. Yaudah saya coba aja”.

Selesai urusan isi bensin. Aku memutar, masuk ke lorong tadi. Baru sadar, disekeliling banyak yang jual buah. Sesuai instruksi, lurus lalu mentok ada rumah pagar hitam. Dan yes, aku lurus dan dapat rumah yang dimaksud.

“ta, kayaknya mutia udah di depan rumah kakak nita lah”, kata ku via telpon.

Sesaat kemudian sesosok yang sangat aku kenal keluar. Wanita anggun yang tidak banyak bicaranya tapi banyak kerjanya, nita irawati. Iiiooooh, kangennyaaaaaa! Alhamdulillah ketemu.

Akhirnya. Kalau jodoh memang ngak kemana! Tapi kalau bukan rezeki “ata lam bibi pih roe”, Banda aceh 3 november 2015.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s