PEMBEKALAN

4 juni 2015

Setelah penantian panjang akhirnya selangkah lagi kami akan internsip. Iyes, hari ini pembekalan di aula dinas kesehatan provinsi. Sehari sebelum keberangkatan ke wahana masing masing.

Pembekalannya pertama di buka oleh pihak dinas kesehatan. Beliau mengucapkan selamat kepada kami. Karena alhamdulillah bisa internsip. Dengan sistem online ada sekitar 500 orang sejawat yang tidak mendapat kan wahana. Selanjutnya? Pesan beliau adalah fokus internsip. “setahun itu tidak lama, jadi fokus dulu”.

Selanjutnya pesan pembekalan dari pihak kidi pusat. Dr bram namanya. Banyak dan panjang beliau memberi petuah. Tapi, menurut ku ada dua poin penting yang patut di ingat baik baik. Yang pertama, internsip adalah “kesempatan emas” untuk kalian mengasah ilmu menuju pemandirian. Manfaatkan sebaik mungkin hari hari yang ada dan jangan ketinggalan setiap momentnya. Iyes! Semoga bisa bermanfaat, amin.

Poin ke dua adalah “tidak ada orang sempurna yang menjadi dokter, dari pengalaman dia belajar menjadi sempurna”. Iyes, kena. Pengalaman. Dan pengalaman di dapat dari mencoba dan merasa banyak hal. Sekali lagi semoga internsip ini dapat memberikan banyak pengalaman yang memandirikan.

Selain pesan dari dua orang bapak diatas, pembekalan paling berkesan adalah dari dokter kesayangan dr imai indra, sp, An. Selalu berkesan kata kata beliau. Intinya internsip ini adalah “persiapan kalian untuk lepas landas. Pegangan kalian ilmu dan komunikasi. Selanjutnya belajar pecahkan masalah sedikit demi sedikit. Siapa tau setelah internsip kalian PTT. Masalahnya nanti bukan cuma klinis tapi bisa semua. Contoh. Datang pak geusik ke kalian, ngaduin rumah bidan rame kali. bukan yang berobat tapi laki laki karena bidannya cantik. Apa urusan kalian coba? Tapi iya itu. Kalian harus bisa menjadi pemecah masalah. Makanya latih dari sekarang.” lalu beliau tertawa. “hihihihihihi”.

Selanjutnya beliau juga berpesan. ” apa beda sesuatu yang wajib dilakukan, kita lakuin dengan iklas dan ngak? Banyak bedanya. Rasain lah. Kalian internsip wajib. Mau ngak mau harus jalanin. Tinggal pilih mau iklas atau ngak aja. Tapi yakin lah, tidak ada yang sulit kalau di lakukan dengan iklas. Makanya setahun juga tidak akan lama jika di jalani dengan cara ini. Iklas karena Allah dan untuk menjadi orang bermanfaat, nah. Itu ya”

aku bergetar. Bismillah! Semoga bisa iklas dan punya hati selapang samudra. Amin

Lanjut, “waktu kalian 12 bulan. 3 bulan kalian adaptasi, selanjutnya pikirkan apa yang akan kalian lakukan selanjutnya. Mau PTT? Sekolah lagi? atau apa. Jadi di bulan ke 4 sudah ada rencana dan di bulan ke lima hingga bulan ke dua belas rencana selesai. Internsip selesai kalian sudah siap melanjutkan langkah hidup selanjutnya. Jangan mau lanjut sekolah, selesai intership baru mikir kemana. Rugi waktu! Jangan seperti itu”.

Iyes. Terimakasih dokter imai atas pengingatnya. Insyaallah, akan disusun.

Lalu kami di beri uang jalan dan acara ditutup. Ada proses perbincangan yang alot di ujung ujung, makanya selesainya lama. Dan kami tidak sempat foto bersama sebelum berangkat. Tapi tidak apa. Kalian ada di hati kok.

Yah inilah profesi dengan pendidikan yang panjang dan Berliku liku, semoga bahagia di akhir nanti. amin. Tapi seperti kata dr imai, iklas bro. Iklas yang akan membuat semuanya mudah.

terakhir, Selamat mengabdi untuk kita semua. Terus semangat untuk menjadi dokter yang bermanfaat dan bisa berbuat banyak dimana pun kita berada.

semoga kita dapat pengalaman banyak yang bisa membuat kita menjadi berlahan sempurna. insyaallah.

Semoga Allah juga meridhai langkah kita sehingga selalu diberi banyak keberkahan dalam perjalanan ini dan diberi hati yang iklas seluas samudra. Satu tahun tidak berasa tapi penuh makna.

Insyaallah kita jumpa tahun depan dengan kemandirian. Amin, banda 5 juni 2015

Selamat bertugas, bismillah. Semoga berkah.
Selamat bertugas, bismillah. Semoga berkah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s