celengan dari kardus

4 juni 2015, hari pembekalan untuk internsip periode 2, tahun ini di aula dinkes provinsi aceh. Besok kami mau diberangkatkan satu persatu.

Disaat orang sedang sibuk packing aku malah menyalurkan ide yang udah menjalar jalar sejak kemarin. Ngak apalah ya, kan aku ngak ikot berangkat. Karena internsip di kabupaten/ kota seberang. Cuma 30 menit dari rumah, meuraxa. Yes!

Jadi, aku pingin buat celengan. Udah sekitaran setahun. Maunya hasil karya sendiri. Berputar putar kepala. Mulai dari dari kaleng bekas, botol aqua bekas, kaleng susu bekas, semuanya ngak sreg! Sampe ide itu aku lupakan. Nah, kemarin entah dapat ilham dari mana, tiba muncul pemcerahan. Kenapa ngak buat dari karton aja? Dan iyesssssss, bismillah. Ide bliant. Sederhana, murah dan mudah.

Inilah celemgan dari kardus bekas!

Alat dan bahan:

1. Kardus bekas

2. Kertas kado

3. Lem

4. Rol

5. Pensil

6. Tali rafia

7. Jarum besar untuk menyulam

Cara membuat :

1. Buat pola. Aku sukanya kubus jadi buat jaring jaring kubus. Pelajaran SD! Ukuran juga suka hati. Aku 12×12 cm, lalu potong.

Buat pola sesuka hati, aku pola kubus
Buat pola sesuka hati, aku pola kubus

2. Potong kertas kado sesuai pola lalu lem.

3. Biar rapi buat garis selebar 2 cm dari tepi pola untuk tempat menjahit.

4. Ambil tali rafia, belah menjadi 3 atau sesuai selera dan mulai menjahit di tepian pola tadi. Awalnya masukkan tali ke dalam jarum, ujungnya di simpul. Lalu tusuk ke kardus di garis yang udah kita buat tadi. Terus tusuk lagi lubang yang sama, terus masukkan tali ke dalam jahitan tadi. Selanjutnya mulai dari awal lagi, tusuk ke luar, tusuk lagi ke dalam dan masukkan tali tadi ke jahitan kedua begitu hingga terbentuk 3 buah jahitan bersambung mirip rumput anak SD! Hahahahahaha

Cara jahit pinggirnya
Cara jahit pinggirnya

5. Lanjutkan hinga seluruh pola terjahit.

6. Di satu disisi kita potong membentuk mulut celengan. Buat pola dan potong aja dengan pisau.

7. Setelah se ua bagian selesai di jahit lalu kaitkan semua bagian yang satu sisi dengan sisi yang lain dengan tali rapia dan kalau bisa agak tipis jadi ngak kelihatan.

8. Taraaaa! Selesai.

Celengan dari kardus selesai
Celengan dari kardus selesai
Leave a Reply

