google oh google

Tiba tiba aja udah sampe ke bandung sama sinta, puput dan adit. Padahal rencana hari ini mau jalan jalan di bogor, eh ngak taunya malah sampe ke bandung. Makanya kami selalu bilang “jalan jalan yang terlaksana biasanya tanpa rencana”.

 

Sampek di bandung kami nginap di rumah adit. Wah, makasih banyak untuk adit, puput, amel dan oki atas jamuannya.

 

Besoknya kami baru jalan jalan. Naik motor karena kata adit, angkot di bandung susah. Jadi, okelah! Aku dan sinta mengekor adit dan puput di depan.

 

Walaupun adit orang bandung, karena satu dan lain hal adit ngak gitu hapal jalan bandung. Jadi kemana mana kami menggunakan google maps!

 

Hari pertama sih berhasil. Kami alhamdulilah mendarat dengan selamat di mesjid agung bandung setelah 3 jam hara hiri di jalan pakek GPS.

 

Hari ke dua, kami juga nekat. Pakek google maps ke jatinagor square. Berdua. Tanpa adit dan putri. Sepanjang jalan, kami ketemu kampus ITB, UNPAD dan IPDN. Begitu melihat gerbang IPDN, sinta terharu.

 

“banyak kali kenangan disini mut”, kata sinta.

 

“kenapa emank sin?”.

 

“aku ikot pramuka pas SMA disini”, jawabnya. Asik, sinta memang siswa berprestasi dari dulu hingga sekarang.

 

Nah, ngak jauh dari kampus tadi, kami dan google mulai bingung. Mau tidak mau kami menggerakkan mandibula alias bertanya. Ternyata tinggal belok saja ke kanan, dan sampai lah ke jatinangor square itu. Ah, mantap sekali google maps ini. Kepercayaan diri semakin meningkat untuk terus jalan jalan.

 

Agak sore kami janji ketemu dengan adit dan puput di food courtnya jatos. Rencananya kami mau melanjutkan perjalanan ke ciwalk. Mau nonton avenger! Okelah, perjalanan selanjutnya di mulai. Dan sekali lagi kami memgandalkan google maps.

 

Weng…….! Kami mengarungi kota bandung. Pede sekali naik motor di kota besar. Sudah terlanjur percaya dengan google maps.

 

Kota ini hidup sekali tapi tidak rusuh dan tidak begitu macet. Selain itu banyak pepohonan besar, jadi kesannya ramah. Apalagi sebentar lagi akan di gelar KAA ke 60, sempurna kota ini meriah! alau disuruh tinggal disini aku mau.

 

Jarak dari jatos ke bandung lumayan lah, lumayan jauh. Apalagi bagi kami yang tidak tau jalan. Sekitar 1 jam ada. Kalau aku perkirakan, selama itu membawa motor jika di banda aceh aku sudah sampai ke sare. Hahahaha

 

Kami terus setia mengikuti google. Sampai melewati jembatan merah yang kalau tidak salah tampak kampus ITB dari sana dan kota bandung jauh di bawah. Tampak kerli kerlip kota dari sini. Tiba tiba hp sinta berbunyi. Ternyata dari puput.

 

“sin, kita salah jalan”, kata puput,

 

“jadi kemana ini put? “, tanya sinta.

 

“balek lagi. Jalan jembatan itu kan ada, balek lagi dan turun ke bawah ya”. Kata puput. Telpon mati.

 

“kita salah jalan mut, balek katanya.”, jelas sinta.

 

“sin, qe keluarkan juga google maps, jadi kita juga bisa ikutin itu”, kata ku sambil melihat lihat tempat belokan. Dan akhirnya dapat.

 

“oke”.

 

Aku berbelok dan akhirnya ketemu adit dan puput. Kami terus berjalan, mengikuti google maps.

 

“kok aneh ya sin, semacam ngak rame di jalan ne. Padahal seharusnya rame kan?” kata ku. Setelah kami melanjutkan perjalanan.

 

“iya mut”, kata sinta. Benar saja. Beberapa menit kemudian telpon sinta berbunyi lagi. Iyes, kami salah jalan lagi. Karena berdasarkan googl maps, kami sudah melenceng dari jalur.

 

Akhirnya kami berbalik sampai posisi kami sesuai dengan google maps. Pas sekali di depam ada persimpang. Dari pada salah jalan lagi, kami akhirnya bertanya.

 

Berdasarkan penduduk sekitar jika mau ke ciwalk “lurus saja, terus belok ke kanan terus lurus lagi. Jadi seperti liter U”. begitu jelas si bapak.

 

Setelah mengucapkan terima kasih, kami pamitan. Alih alih percaya si bapak, kami malah lebih percaya google maps. Tidak lurus tapi belok kiri. Itu sesuai dengan google maps.

 

Kami terus berjalan. Mengikuti petunjukgoogle maps. Sedikit lega karena sepanjang jalan ini kami tidak keluar arus.

 

“tapi kok perumahan penduduk ya sin?”

 

“iya mut, kecil kecil lagi rumahnya” , sambung sinta.

 

“itulah, ngak salah jalan ini?” aku mulai ragu.

 

“betol ne mut, sesuai google. Mungkin dia kasih jalan tikus untuk kita biar cepat sampek” sinta menenangkan. Aku ikut saja. Adit dan puput juga di depan kami.

 

Tapi pemandangan semakin aneh, rumah penduduk semakin kecil, sepetak sepetak tapi karena daerah pegungungan rumahnya jadi unik di lihat. Jalannya juga semakin sempit, mobil saja sepertinya susah lewat. Tapi, sekali lagi ini sesuai google. Dan kami terus ikut.

 

Hingga di penghujung jalan, adit berhenti. Kenapa? Mentok. Kami bertemu jalan buntu yang ujungnya tembok besar dan di sebelah kanan dan kiri adalah sungai. Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha! Tapi sekali lagi, google maps tidak mau mengakui kesalahan. Jarumnya masih disitu, masih menunjukkan sekitaran 5 menit lagi kami sampai ke ciwalk. Iya, lewat jalan itu. Mungkin dia tidak bisa mendeteksi tembok besar dan tembok itu tidak bisa dilewati, walaupun 5 menit dari situ kami akan sampai tujuan.

 

Ah, secanggih apapun teknologi akan lebih ampuh mandibula manusia. Akhirnya kami sekali lagi bertanya. Dan tepat sekali, bapak di persimpangan jalan tadi tidak berdusta. Kami akhirnya berbalik arah, kembali ke persimpangan lagi dan memilih lurus, sesuai perunjuk bapak. Alhamdulillah beberapa saat kemudian kami akhirnya menemukan bangunan yang bertuliskan ciwalk itu.

 

Tapi sayang, sekarang sudah jam sembilan malam. Hahahaha, tidak terasa sudah 3 jam kami di jalan di temani si google yang sedang bingung. Dia lelah mungkin. Akhirnya kami membatalkan nonton avenger hari itu, sudah terlanjur malam. Dan memilih berkeliling ciwalk! Kebetulan ada semacam pentas seni menyambut KAA ke 60. Anggap saja kami delegasi KAA dari aceh. Hahahahaha.

 

Sekali lagi, jangan terlalu percaya dengan teknologi. Kadang kadang dia juga bisa bingung seperti hari ini. Jangan gengsi menggerakkan mandibula. Apalagi di kota ini, orangnya ramah ramah. Ah, malas bertanya memang sesat di jalan. Google google. Bandung, 20 april, 2015.

Delegasi KAA aceh
Delegasi KAA aceh
Meet and great KAA 60
Meet and great KAA 60
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s