second home

IMG_54796864490267
Jalan jalan ke bate iliek

Seperti yang pernah aku katakan, tawaran pulang kesigli amat sangat menggiurkan. Nah, setelah ujian berangkatlah aku, maya dan fikri ke sigli. Jaraknya sekitaran 2 jam dari banda aceh dengan bang wan. Pemilik l300 langganan maya.

Sampai disana sekitaran magrib. Setelah salat kami jalan jalan bersama mimi, ayah, haura dan agil. Haura dan agil adalah adik maya yang ke 4 dan ke 5. Mereka seperti tom and jerry tapi sesekali mereka seperti anna dan elsa di film frozen.

Kami hanya duduk santai di sebuah warung kopi sambil menikmati sepiring sate. Disekeliling banyak warung sejenis. Warung kopi. Iyes, semua tau kalau aceh adalah daerah dengan seribu warung kopi.

Keesokan harinya kami pergi ke bateliek. Sekitar 2 jam dari sigli. Aliran sungai yang dipenuhi bebatuan besar. Yang dijadikan objek wisata. Disana pertama kali aku bertemu asma dan yusniar. Teman satu kampus yang karena terlalu banyak mahasiswa kami bahkan tidak punya kesempatan berbicara. Baru disini, di bateliek ini untuk pertama kalinya kami bertegur sapa. Bertahun kemudian, merekalah teman seperjuangan kami selama 2 tahun dalam perkoasan. Ah, hidup.

Namun, sebelum sampai ke bateliek, kami singgah sebentar di kampung ayah maya. Di meredu. Sekitar 1 jam dari sigli. Kami mengunjungi nenek maya. Ayah maya punya banyak saudara. Namun yang aku kenal hanya

beberapa. Ada cek ros yang selalu diceritakan kebaikannya oleh maya, cek kakak, cek sri dan adik ayah yang terakhir. Namun, begitu sampai disana, hanya beberapa yang kami jumpai. Sedikit demi sedikit aku tau

beberapa saudara maya. Bisa melalui berkenalan langsung melalui acara kunjungan pulang kampung seperti ini, atau saat mereka mengunjungi maya ke banda aceh atau melalui cerita cerita maya yang selalu menarik untuk aku dengar. Tidak tau orangnya yang mana, yang penting tau namanya.

Satu tempat favorit di meredue yang tidak akan pernah aku lupakan adalah “mie caluk lapangan sepak bola”. Enak nya luar biasa. 4 jempol. Dulu aku selalu mendengar cerita “mie caluk meredu”. Alhamdulillah akhirnya bisa makan langsung di tempat. Dan iyess, tidak mengecewakan. Mie caluk nya pas, bumbunya gurih. Kalau kalian berkunjung ke meredue, jangan lupa ke mie caluk ini ya. Pasti ketagihan.

Selesai dari bateiliek dan meredeue kami kembali ke sigli. Besok harus kembali kebanda aceh. Liburan yang singkat memang. Tapi alhamdulillah menyenangkan. Untuk kunjungan singkat namun begitu hangat inilah, akhirnya aku selalu tergoda untuk kembali ke sigli. Hanya sekedar main main atau memang ada keperluan.

Esok lusa tempat favorit ku disigli adalah mie caluk alun alun. Iyes, kota sigli ternyata berbatasan dengan laut di salah satu sisi. Jadi di sepanjang pinggiran pantai, banyak yang menjual mie caluk. Tapi favorit ku adalah mie caluk kak eli. Mau menikmati mie caluk dan bakwan sambil mendengar deru ombak, merasakan tiupan angin dan dinginnya pasir laut, maka kemarilah. Ke alun alun kota sigli.

Tempat favorit lain adalah mie kocok awak awai. Tepat di kota sigli. Kuahnya kental, tidak begitu pedas. Pas.! Ah, jadi ngiler kalau dibayangkan. Tidak cukup satu piiring, harus 2 bahkan sampai hari ini, mie kocok ini masih terngiang ngiang.

Pasar sigli! Hahahaha, biasa wanita. Aku pernah 2 x sengaja singgah disigli untuk membeli bekal baju. Harganya murah, barangnya banyak dan yang pasti ada designernya. Maya dan mimi. Perpaduan designer yang sempurna. Dan aku selalu suka gaya mereka. Terima kasih mimi dan maya.

Iyes, sejak pulang kampung pertama hingga sekarang aku selalu senang jika di ajak ke sigli. Seperti yang aku bilang, second home. Pulang ke sigli seperti pulang ke rumah sendiri. Si mata ramah memperkenalkan ku dengan keluarganya lalu dengan saudaranya. Hingga akhirnya aku mirip bagian dari mereka. Menjadi anak mimi yang ke 6. Ya Allah untuk kesempatan ini terima kasih. Kesempatan untuk punya keluarga baru yang baik hati.

IMG_54796864490267

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s