D. 15, sektor timur

Kos. Masalah utama mahasiswa. Dan akhirnya setelah pencarian kami, aku dan maya memilih untuk tinggal di d. 15 sektor timur darusalam. Masih sekitaran kampus dan karena belum bisa bawa kendaraan sendiri, maka saban pagi kami selalu berjalan ke kampus.

Kamarnya tidak begitu besar. Tapi bolehlah untuk di tinggali berdua. Di rumah itu ada kak sulas, kak deska, kak yana, desi, fajriah, rifka, icha dan yuni. Semuanya dari fakultas berbeda kecuali desi. Tidak hanya satu kampus kami juga satu angkatan.

satu hal yang aku suka disini adalah senjanya. Cantik saja. Didepan rumah sepanjang jalannya tertanam pohon asam berbaris yang usianya sudah lama. Jadi, cahaya mataharinya terlihat dari balik balik dedaunan. Apalagi kami di tingkat dua. Jadi senja semakin indah dari sini. Maka saban senja aku sering duduk duduk cantik di beranda depan. Sesekali maya ikut, sesekali kami bercanda, sesekali berantam, atau sekedar belajar saat musim ujian disana. Suasananya tenang.

Nah, karena hari pertama kuliah di bulan puasa, maka dengan kos yang menyediakan makan disana, aku merasa sangat terbantu. Jika makan sahur sudah selesai, kak jumi biasanya membangunkan semua anak kos. kami tinggal turun dan makan. Lalu mencuci piring dan kembali kekamar. Masih ingat cerita khatam alquran? Nah, ini ramadhan. Maka selesai sahur maya tidak pernah tidur. Dia mengambil wudhu dan mengaji hingga azan magrib berkumandang. Jarang sekali tergoda. Dan aku ikut kebiasaan itu. Ya Allah terima kasih untuk nikmat MU yaitu sahabat yang baik. Yang selalu mengingatkan pada kebaikan.

Musalla disana juga tidak jauh. Hanya perlu berjalan beberapa ratus langkah maka sudah sampai kita ke musalla sektor timur, disanalah kami salat tarawih pertama sekali di negeri orang. Di musala itu pula aku dan maya memberanikan diri berkenalan dengan anak kos lain.

“may, qe tanya dulu nama kakak tu siapa”, kata ku.

“kok harus aku, qe kenapa ngak?”, jawab nya. Blekkk!

Akhirnya kami berkenalan.

Tidak jauh dari rumah kami juga ada kios ummi. Kios kecil yang lengkap. Berhubung kami bukanlah orang yang bisa menahan lapar, maka kios ini adalah penolong perut kami saat kelaparan. ” qe lapar may?”tanya ku.

“tau aja mut”, jawabnya dengan senyum khas.

“ke tempat umi yok”, kata ku.

“yok”. Maka dengan gaya gembel yang kami pertahankan selama 3 tahun, kami melaju ke kios umi. Cukup dengan rok, jaket dan jelbab kurung. Hahahaha, malah kadang kadang, kalau aku sedang malas, bisa dengan mukena aku kesana. Malam hari biasanya.

“ih si amut ne, ada ada aja dia”, kata maya.

“alah may, gak sanggup pikir aku”, jawab ku. Dan langsung melaju.

Jika ingin makan besar, tidak jauh dari rumah kami juga ada swalayan besar, tanjung namanya. Jika ingin nasi goreng juga ada. Masakan aceh juga ada, perlu foto kopi juga ada, toko jelbab ada, dan toko aksesoris juga ada, lengkap. D. 15 cukup stategis untuk dijadikan tempat tinggal bagi mahasiswa.

Tiga tahun aku dan maya menghabiskan waktu kami disana. Bersama, seiya sekata, dan selangkah. Hahahaha. Iyes selangkah. Sejak tinggal bersama, dia mirip kembaran ku dan aku kembarannya, dimana ada maya pasti ada mutia.

“may, foto kopi lah bahan kuliahnya”, kata ku.

“enak aja, gk mau aku pergi sendiri”, jawabnya. Maka apapun urusannya kami selalu bersama. Ke kampus, ke musala, turun makan, ke tempat umi, beli nasi goreng, foto kopi, mencuci, belajar. Ah semua. Kebersamaan yang jarang membuat ku bosan, entah mengapa. Mungkin karena saat bosan aku bisa mengusilinya. Dan hanya di balas “mut, jangan ganggu aku. Kalau bosan nonton tv sana atau ke kios umi aja”. Dan urusan selesai.

Yes, bagi ku d. 15 tetap asik. Senjanya, semua fasilitas jajanannya, foto kopinya dan karena aku bersama si mata ramah. Yang hangat matanya lebih hangat dari matahari senja di d15, sektor timur, darussalam, banda aceh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s