ketika pagi tidak lagi sama, bismillah

2015. Tahun yang sepertinya akan sangat menakjubkan. Banyak hal yang berubah. Menunjukkan bahwa tangan kita tidak pernah berdaya. Sehebat apapun kita, pada ujung ujungnya kita hanya bisa meminta pada yang kuasa. Dan apapun yang akan terjadi akhirnya, aku harap aku akan baik baik saja dan tetap menjadi lebih baik. Iyes, kemana pun pergi dan apapun yang terjadi semoga aku tetap menuju kepada Mu, ya Rabb.

Seperti pagi ini. Jika pagi bagiku biasanya hanya aku lewatkan dengan koas dulu lalu setelah wisuda, pagi habis dengan banyak rencana, maka pagi ini pagi aku lewatkan dengan deg degan.

Rencana Allah yang aku tidak tau, akhirnya membawa ku berkelana pergi jauh menuju bogor. Prosesnya cepat. Hanya dalam 7 hari aku, momo, sinta dan leli memutuskan pergi. Mencari pengalaman. Semoga penuh berkah. Nah, pagi ini kami berangkat. Yang biasanya naik l 300 maka hari ini kami naik pesawat. rasanya? Mirip. Hanya lebih nyaman tanpa asap rokok. Maka pagi hari ini aku lewatkan selain dengan deg degan karena telat check in selebihnya pagi ini aku habiskan dengan melihat matahari terbit dari ketinggian 7700 meter dari atas tanah. Perasaannya? Ah, sekali lagi hidup penuh teka teki.

Siapa sangka pagi ku hari ini akan begini. Padahal baru 12 hari yang lalu, pagi bagi ku begitu menyakitkan. Bagaimana tidak? Pukul 04.30 pagi aku mendapat telpon yang menyatakan sahabat terbaik, wanita terbaik, teman yang 1/3 lebih hidup sudah aku aku habiskan dengannya pergi untuk selama lamanya. Tanpa pernah mengucapkan 1 pun kalimat perpisahan. Dia punya janji yang lebih indah dengan yang maha Kuasa.

Nah, pagi buta, aku langsung kerumahnya. Saat matahari bahkan belum muncul, saat burung burung belum mulai bersuara dan saat udara masih sangat dingin, aku dan keluarga menyusuri jalan medan banda aceh menuju sigli. Menuju rumah sahabatku. Padahal baru kemarin aku katakan pada yuni yang kebetulan tidur dirumah malam itu “senja sudah kita dapat, besok kita harus mencari matahari pagi ya, sayang kalau dianggurin”, kataku padanya. Tapi siapa yang sangka. Pagi yang aku tunggu, dan pagi yang akhirnya aku dapatkan sempurna dengan matahari yang terbit berlahan. Mulai dari hanya jingga pudar hingga merona merah hari itu. Malah terasa sangat menyakitkan. Yap, sekali lagi. Semua sudah direncanakan Allah. Siapa yang sangka. Sehebat apapun kita, pada akhirnya kita harus meminta.. Karena sesungguhnya kita memang sangat lemah.

Maka pagi setelah hari menyedihkan itu, aku habiskan di sigli. Melihat matahari terbit sambil membereskan piring atau sekedar bersih bersih. Sesekali saar rindu itu datang, aku hanya bisa berdoa panjang agar dia baik baik saja disana. My best, tunggu aku disana ya, doakan juga agar aku bisa baik seperti mu. Selesai berdoa aku kembali dengan rutinitas lain. Tetap di sigli dan tetap melihat pagi disana.

Lalu, seperti yang aku katakan, pagi ini malah berbeda, tiba tiba saja sudah disini, sudah di kualanamu. Menunggu transit ke jakarta. Dan masih 8.30 pagi. Saat matahari sudah naik dan cuaca tidak sejuk lagi. Kalau saat aku kecil, jam segini aku baru selesai “sport” yang ternyata akhirnya aku tau namanya jogging.

Ah, pagi. Sungguh rencana yang diatas lebih indah. Esok. Aku tidak tau akan seperti apa pagi ku. Tidak tau akan seperti apa warna mataharinya, apakah hangat atau malah aku tidak bisa melihatnya karena hujan, entah lah. Tapi seperti apapun itu, aku berharap semoga aku dan semua tetap baik baik saja, tetap bisa menikmati pagi dengan baik dan semoga tidak ada hal buruk yang terjadi. Amin. Sekali lagi, kita hanya bisa berencana tapi yang paling menentukan adalah yang maha kuasa. Dan diantaranya masih ada doa. Semoga, semoga doa doa ini sampai. Dan dijabah oleh Nya. Amin.2

Dan semoga perjalanan yang niatnya baik ini di mudahkan, diberikan berkah yang banyak dan di berikan anugerahnya. Amin. Amin. Amin. 3/2/15

One thought on “ketika pagi tidak lagi sama, bismillah

Leave a Reply

