FLASH!

Inilah ajang akbar yang hanya mosa yang punya. Future language and art for senior high school. Sesuai dengan temanya maka acara ini adalah ajang pertandingan ilmu pengetahuan dan seni bagi setiap sma di banda aceh dan aceh besar.

Jadi mosa mengundang sma sederajat dalam banyak cabang lomba, seperti cerdas cermat ipa, debate english, retelling story, musikalisasi pusisi, dan parodi. Ini acara tahunan dan saat kami kelas 2 kamilah panitianya.

Disini aku melihat bagaimana anak sma yang masih cirit memperjuangkan hidup mereka. Lebay, tapi ini kenyataannya. Di awal pembentukan panitian, ketua terpilih dipanggil kemusaala. Di bicarakn konsepnya, di cari dananya, di pilih pesertanya, mengundang peserta, memilih juri, latihan yang membahana, hari H dan acara penutupannya semua diprakarsai oleh anak mosa sendiri dengan dukungan penuh dari guru kami.

Ketuanya inal alias arinal. Dia pemimpin yang baik. Aku? Hanya jadi anggota seksi dekorasi, hahahaha. walau aku hanya jadi anggota di divisi dekorasi sedikit banyak aku tau perkembangam acara ini. Uja, teman sekamar adalah bendahara utama acara ini dan fikri adalah anggota debate english. Sedikit banyak gosip aku tau.

Termasuk gosip mencari dana. Well, karena tuan rumah, mulai dari konsumsi, biaya piala, hadiah, spanduk, juri harus dipikirkan. Dari mana sumber dana sebanyak itu? Aku terpana. Mereka mencari sponsor. Uja sering cerita saat mereka pergi ke satu kantor ke kantor yang lain untuk minta bantuan dana, ada yang menolak mentah mentah, memberi tapi hanya menanggung piala, atau hanya diberikan ratusan ribu dan alhamdulillah Pada akhir perjuangan terkumpul dana puluhan juta. Menurut ku hebat.

Dana sudah ada, maka konsep acara dikembangkan. Dan semua yang terpilih ikut perlombaan pun berlatih. Siang malam semua tempat hidup. Di musalla ada anak cerdas cermat, trisna, nona, irvan, arya, dkk, di balai gading ada anak debate fikri, siti maisarah, popon, reza nuriman, ana masuk didalamnya, di ruang makan ada reteling storysalah satu pesertanya adalah putri soraya, di aula ada muspus dan parodi. Penuh. Mosa bergemuruh kesekian kalinya selain saat malam seni, musim ujian/remedial dan senam buk icha Siapa yang melatih mereka? Kakak kelas yang berpengalaman pastinya. Makanya sekolah ini sah jika disebut keluarga. Walau hanya menjadi seksi dekorasi aku tetap menikmarinya. bagi teman teman semangat berjuang.

Sesekali aku juga mendengar dari fikri, ada beberapa sekolah yang diundang dan lawan terberat mosa adalah fajar harapan. Kami seolah kucing dan anjing yang selalu berkelahi. Terutama di area pertandingan seperti ini. Apalagi farhan sangat jago di bidang debate. Maka semua berita tentang sekolah itu aku tau dari fikri.

Hari H tiba. Aula kami dekor seindah mungkin. Aula penuh dengan teman teman dari sekolah lain, hampir semua sma se banda aceh dan aceh besar datang waktu itu. Ditambah lagi kami yang panitia wajib memakai baju merah maka lengkap, modal bangsa gemuruh untuk 4 hari kedepan. Lapangan parkir kami sulap menajdi bazar buku dan beberapa menjual makanan, lapangan upacara kami ubah menjadi tempat sains fair, maka mosa sesak hari itu.

Hari pertama acara retelling story. Semua tertawa saat putri soraya tampil, begitu juga saat beberapa peserta lain. Hari kedua muspus, ketiga parodi hingga puncak acara hari ke 4, cerdas cermat dan debate. Yang paling menegangangkan dan mempertaruhkan harga diri anak mosa adalah cerdas cermat. Hingga sampai final. Yang tersisa hanya mosa, farhan dan man 1 banda aceh. Alot, alot sekali cerdas cermat ini. Tat tit, suara bel berbunyi. Pemenangnya adalah mosa.

Ah,, akhirnya acara kebesaran mosa selesai. Semua lelah terbalas dengan mosa tampil sebagai juara umum. Anak cirit hebat menurutku. Terutama teman2 ku yang menjadi ketua, semua yang menjadi peserta lomba, dan kami kami yang menjadi anggota ini. Sisa dana yang terkumpul dijadikan uang makan makan bersama. Tidak ada yang rugi dalam urusan ini. Kami adalah keluarga sejatinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s