pelajaran dari film 11 tahun lalu

The italian job. Film tahun 2003. Tapi baru dapat kesempatan nonton tadi malam. Udah sekitar 11 tahun yang lalu. Tidak jadi masalah. Setelah ditonton, ternyata film ini boleh. Boleh jadi tontonan. Ada beberapa hal yang menurutku menarik dari film yang sudah 11 tahun ini.

Film ini Awalnya menceritakan tentang pencurian di venesia italia oleh sekelompok pencuri. Ada jhon, charlie, rob, steve dan napster. Pencurian emas seharga 35 juta dolar yang di dapatkan tanpa pertumpahan darah sedikitpun. Hanya dengan rencana yang mantap dan detail. Keren!

Hal lain yang membuat film ini menarik adalah, settingnya. Venesia. Berasa berenang renang langsung ketika menyaksikan para pencuri yang berlari membawa emas dengan boat di tengah kanal air yang melewati kota venesia. Biru! Jadi pingin kesana.

Menurut aku, ini keren. Karena selain membuat film ini cantik, dengan mengambil setting kota venesia, secara tidak langsung mereka sudah mempromosikan italia. Mungkin ini salah satu alasan kenapa italia sering jadi tujuan wisata. Yang promosiinnya tidak kacang kacang. Bisa di contoh untuk indonesia.

Lanjut. Setelah dapatin emas. Semua anggota punya rencana masing masing. Ya iyalah. 35 juta dollar. Ada yang pingin beli mobil, beli rumah dengan perpustakaan besar, dan ada juga yang ingin beli tape dengan stereo yang super. Hanya satu dari mereka yang ketika ditanya mau apa malah jawab “tidak tau”.

Tapi pemimpin gank yang namanya pak jhon bilang “ingat, nasihat orang tua. Uang banyak jangan dihabisin tapi di investasikan”. Iyap, dapet pesannya. Investasikan. Investasi adalah salah satu cara hidup mapan lebih awal dan bahagia di waktu tua. benar pak. Dan kata ini,  mirip pesan mamak dan ayah kita kan? “ada uang ya di tabung, manfaatnya ngak sekarang tapi nanti.”

Hmm. Untuk salah satu anggota gank yang beliau amat sayangi, namanya charlie. beliau malah bilangnya gini ” jangan habiskan hidup untuk mencuri. “Tapi temukan seseorang yang kau ingin habiskan waktu hingga tua bersamanya dan pertahankan itu”. ih, so cuit.

Menurut aku, ini kata-kata yang punya makna dalam sekali. Hidup tidak selamanya soal uang kalau pada akhirnya kita malah sendirian. Hidup dengan memapankan diri dan membahagiakan orang yang kita cintai dan mencintai kita akan lebih berasa hidup. Kata pak mario jangan jadi robot gaji, tapi bagiku jangan jadi robot uang. Mapankan hati dan orang lain.

Lanjut cerita, Sayangnya ketika mau keluar dari kota itu, salah satu dari mereka berkhianat, steve namanya. Di menyusun rencana dan mengambil semua emas untuk diri sendiri dan membunuh pak jhon. Dari sinilah cerita ini dimulai.

Sekarang bukan urusan emas tapi urusan balas dendam. Yes. Karena bagi mereka jhon adalah anggota yang harus diperjuangkan. Mereka akhirnya menyusun rencana dan bergabung dengan anak almarhum jhon, stella.

Sekali lagi. Cerdas semua rencana dan taktiknya.

Satu adegan lain yang aku suka adalah saat si rob menyelidiki berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah steve dan keluar lagi sampai ke jalan raya. Waktu itu dia sedang mengendarai mobil sambil merokok tiba tiba lampu merah.

Tidak sengaja di jalan dia lihat semacam plamfet dengan tulisan “jumlah yang mati hari ini karena rokok 5 orang”. Langsung aja dia matikan puntung rokoknya. Wih, menginspirasi. Promosi stop rokok di luar sana sudah ada sejak 11 tahun lalu.

Salah satu percakapan yang menarik dari film ini adalah percakapam steve dan charlie. Intinya “kau selalu punya cara untuk bertahan, makanya kau  hanya akan jadi nomor 2. Kau tidak punya imajinasi”. Itu kata charlie untuk steve sebelum akhirnya steve dapat bogem dari charlie.

Masih ingat kejadian setelah pencurian? Ketika ditanya kalian akan apakan uang ini? Hanya steve yang tidak menjawab. Dengan semua emas yang dicuri dari ke 4 temannya, akhirnya dia hanya menggunakan uangnya untuk membeli apa yang temannya pernah utarakan. Rumah bagus dengan perpustakan besar, mobil balap keren, stereo dan tentunya berlapi lapis pertahanan dirumahnya untuk menjaga emas curian.

Dia tidak punya imajinasi dan hanya berusaha bertahan. Makanya dia tetap jadi orang nomor 2. Hmm. Imajinasi. imajinasilah yang membuat seseorang tetap hidup, itu kata albert enteins. Menurutku, Sumber ide kreatif muncul dari imajinasi. Dari banyak sumber tulisan, kita akan selalu menemukan salah satu ciri yang membedakan seorang yang sukses dan tidak adalah adalah kreatif. Jadi, kalau tidak mau jadi orang nomor dua berimajinasilah dan kreatif. Nancep!

Akhir cerita , emasnya di dapatkan lagi. Tetap dengan ide kreatif dan teknologi. Ketika emasnya di dapatkan. Semua mewujudkan mimpinya masing masing. Tapi sebelum itu mereka ngadain semacam pesta bersama di sebuah kereta.

Bukan pestanya. Tapi menurutku itulah bahagia. Bersama. Kalau sedih enaknya sama sama makan bahagiapun maunya sama sama. Sama sama dengan mereka yang pernah ada saat kita bukan apa apa. Pasti berasa, apalagi sama sama dan dengan uang 27 juta dolar. Tentunya bukan uang curian.

Yes, film yang menginspirasi dari 11 tahun lalu. Dan aku bersyukur baru nonton sekarang, karena kalau aku nonton 11 tahun silam mungkin film ini akan berlalu begitu aja begitu filmnya usai. Lhoksukon 10/1/15.

Venesia yang terus manggil untuk di datangi. Semoga bisa sampek kesana. Amiiin
Venesia yang terus manggil untuk di datangi. Semoga bisa sampek kesana. Amiiin
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s