tips menghilangkan Bosan

Hay! Udah berapa sih umur kalian semua? Jawab sendiri ya. Tapi berapapun umur kalian aku yakin kita pasti pernah merasakan bosan dirumah. Entah karena sedang liburan panjang yang kepanjangan atau sedang menjadi pengangguran banyak urusan. Pokonya waktu saat itu berjalan sangat lama dan tidak menggairahkan. Mau pergi liburan biar “ngak” bosan uang pas-pasan. Nah, aku pernah berada dalam kondisi itu bahkan sekarang. Bosan adalah pembunuh mental yang menakutkan bagiku. Karena kalau sudah bosan pasti bawaannya uring-uringan dan kembali ke tempat tidur lalu bobok cantik hingga akhirnya kegemukan dan lamban! Oh tidak. Makanya di waktu libur dan membosankan ini aku berusaha selalu melakukan hal-hal yang berbeda dari biasanya atau melakukan hal yang sama dengan cara berbeda. Walau tetap, kadang kadang dinginnya kebosanan merasuki dalam relung jiwa. Tapi, karena waktu senggang juga anugerah dari Allah jadi nikmati dan jalani dengan sebaik mungkin. Nah, beberapa hal yang bisa membuat waktu-waktu bosan lebih bermanfaat misalnya:

1. Ajak teman-teman kamu untuk melakukan hal yang baru. “ngak” usah aneh-aneh deh sampe mendaki gunung. Cukup misalnya ajak karokean bareng, pergi ke funland bareng, atau salat magrib bareng di mesjid, Itu akan membuat waktu terpukul habis. Cari teman yang asik. Jadi, bisa curhat, bagi informasi dan ketawa bareng. Jangan teman yang kalau bareng dia malah bikin kita tertekan. Oh tidak!

2. Mengunjungi saudara. Bagi kita-kita yang punya saudara disekitar kita, tapi karena kesibukan dulu jadi ngak sempat berkunjung, diwaktu senggangg ini coba ambil waktu yang pas dan berkunjung. Pas, mereka lihat kita, mereka pasti tersenyum. Dan kita? Lumer lihat senyuman mereka. Makanya dibilang sebenarnya orang yang berbuat baik itu lebih awet muda. Yah, aku rasa salah satunya karena ini, dengan berbuat baik kita akan “i fell free”. Ingat point ini aku jadi teringat nenek aku. Jadi, dulu sebelum waktu senggang ini datang, aku sibuk banget. Sampek-sampek aku berkali-kalimdapat telpon dan sms untuk jenguk beliau tapi aku ngak sempat. Akhinya begitu waktu senggang itu datang, aku langsung kesana. Sempat cerita-cerita sama beliau. Dan itulah 3 pertemuan terakhir aku dengannya beliau. Karena sebulan kemudian beliau udah meninggal. Jadi, selagi senggang dan selagi saudara terdekat kita masih bisa ngenalin kita, berkunjung yuk!

3. Ke kampus. Ini mungkin aneh, tapi, buat yang baru selesai kuliah tapi belum wisuda jangan males-males ke kampus. Selain mempercepat semua urusan yang berhubungan dengan wisuda dan kuliah, dengan berkunjung kekampus kita bisa lihat update acara disekitaran kampus dan jumpa teman lama! Yap, seiring bertambahnya waktu kita ngak bisa selamanya mempertahannkan teman yang kita punya untuk terus sama-sama. Mereka akan sibuk dengan mimpi mereka begitu juga kita. Jadi, kadang -kadang untuk ketemu aja susah. Nah, dengan jalan -jalan ke kampus, kalau jodoh kita pasti bertemu. Giring teman kita ke kantin. Dan selamat bernostalgia.

4. pantai mana pantai. Yap, menurut aku salah satu tempat yang paling ngak boleh dilewatin ketika ounya waktu senggang adalah pantai. Sekedar main air laut, dengerin suara ombak yang kejar kejaran sama angin, mandangin langit biru apalagi kalau lagi senja. Matahari sore di laut itu adalah hal yang luar biasa. Cari dan nikmati. Wuih. Hilang bosannya. Ya Allah terima kasih untuk pantai yang selalu indah dimanapun itu. Kegiatan ini akan lebih asik jika kita lakuin sama-sama.

5. Cari objek wisata disekitar rumah kita. Yang dekat-dekat aja. Bisa pantai, waterboom, dll. Ajak teman-teman kesana. Walau udah dikunjungi belasan kali, tapi kalau perginya sama yang asik-asik, pasti bakalan asik. Apalagi kalau pergi ketempat yang kita ngak pernah pergi. Sekalian buat agenda piknik kesana. Masak-masak bareng dan makan bareng. Makan enak, mata segar dan pas pulang sudah banyak foto. Hahahahak.

6. Membaca. Serem ya? Hahahahahak. Waktu yang membosankan kkok untuk membaca? Pasti mikir gitukan? Menurut aku sih ngak. Kita bisa baca apa aja. Makanya sebelum memilih membaca cari tau dulu, tema apa yang kita suka. Dengan gitu urusan baca membaca ini akan mengasyikkan dan membuat girus-girus kita aktif lagi. Kasian kan, mentang-mentang lagi pengangguran urusan otak ditelantarin. Ayo membaca.

7. Memperbanyak ibadah. Selagi senggang ayo banyak-banyak ibadah. Ini bukan berarti ketika sibuk kita lupa ibadah. No! Maksudnya kan lagi senggang jadi gunain waktu kita untuk ibadah-ibadah sunah. Kalau udah jadi rutinitas ntar pas sibuk akan di pas-pasin sempat kok. Biar asik kita bisa ajak teman-teman. Misal salat jamaah magrib bareng, ikut zikir akbar bareng, dengar ceramah bareng. Yap, baiklah secara sosial. Selamat dunia dan selamat akhirat.

8. Memasak. Ini kegiatan yang paling asyik. Semuanya. Mulai dari belanjanya, bersihin ikannya sampe buatin bumbunya dan ngolahnya. Asik asik asik. Apalagi kalau selesai masak dan dikatakan enak sama yang makan, bakanlan ketagihan masak deh. Kalau ngak pinter bisa ikut ortu masak atau ajak teman yang pinter masak. Ngak rugi kalau ini yang kita lakuin diwaktu senggang. Bisa di pakek sampe entah kapan-kapan ilmunya.

9. Lakuin hobi yang paling menyenangkan dan lakukan dengan sepenuh hati. Kalau bisa dengan cara berbeda. Contohnya aku suka nulis. Jadi, agar ngak bosan aku pernah pergi ke taman bermain anak-anak. Semua datang bareng anak mereka, dan aku tetap dengan laptop tercinta terus nulia disana. Peduli amat sama yang lewat. Hehehehehe. Sesekali senyumin mereka! Fell free deh. Jadi pikirin hobi kalian apa dan lakuin dengan cara yang berbeda.

10.ngumpul bareng keluarga. Bagi yang tinggal dirumah, bisa ajak ortu atau abang atau adik untuk makan bersama disuatu tempat. Usahain. Karena selama ini kita selalu sibuk sama teman, tugas kuliah, atau bagi anak jaman sekarang pacar. Nah, selagi ada waktu, manfaatkan waktu itu untuk ketawa bareng dengan ngumpul sama sama. Dan pasti kita bakalan kaget karena semua sudah beranjak dewasa. Padahal dulu masih mandi hujan barengm eh sekang, kakak atau abanh kalian udah di panggil ayah, atau dulu masih buatin susu milo untuk adik, eh sekarang tingginya udah ngalahin kalian. Percayalah rumah adalah tempat semua cinta kembali. Jadi selagi ada waktu biar ngak bosan ajak orang rumah untuk ngumpul bareng. Usahain. Buat anak kos, ajak deh adek adek kosnya makan makan bareng atau sekedar foto bareng. Kalau udah pergi ntar setidaknya ada yang bisa dikenang.

11.kalau masih bosan juga. Cari tempat liburan murah yang ngak jauh dari rumah. Waktu itu sih aku ke sabang. Ngak jauh dari banda aceh. Biayanya murah tapi puas apalagi kalau sama teman-teman yang gila. Asik itu jarang kalau sendiri. Jadi ajak teman-teman.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa dilakuin saat jadi pengangguran dan ngak ada kerjaan tapi waktu amat sangat membosankan. Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s