salat tasbih lagi, alhamdulillah

Udah nisfu sya’ban aja. Bentar lagi udah ramadhan lagi. Tidak terasa udah 3 tahun aja aku menulis cerita tentang anak kecil yang semangat salat tarawih. Sangking niatnya mereka bawa 1 botol air untuk diminum kalau lelah salat tarawih. Kadang kadang cemburu lihat semangat mereka. Dan tidak terasa juga udah 4 tahun sejak terkahir kali salat tasbih. Memang sih salat tasbih itu bisa dilakukan sehari sekali, seminggu sekali, sebulan sekali atau paling tidak setahun sekali. Tapi kadang, aku lalai dengan dunia, sempatnya setahun sekali. Eh, pas udah datang waktunya ada aja hambatannya, halangan lah, lagi di perjalananlah, capek lah, dll. Alhasil baru kali ini bisa melaksanakan salat ini lagi.

Kebiasaan di kampung kami, salatnya di laksanakan berjamaah, dulu ketika masa SMA juga dilakukan berjamaah. Jadi lebih berasa. Salatnya dilaksanakan setelah salat isya, ada 4 rakaat dengan 2 kali salam dan bertasbih di antaranya. Ada 75 tasbih di setiap rakaat dan totalnya 300 tasbih. Jadi, setelah salat magrib semua warga kampung datang ke mesjid lalu kami baca yasin 3x ulang. dan memanjatkan doa. Setelah selesai, azan isya datang dan kami salat isya berjamaah lalu salat tasbih bersama setelahnya.

Terkadang kita terlalu lalai dengan dunia. Apalagi sekarang. Semua sibuk dengan pemilu dan piala dunia. Beuhhhh gabuk. Seolah itulah akhir semua. Sibuk, hingga lupa bersyukur pada Zat yang Maha Kuasa yang telah memberikan kita berjuta nikmat. Lama di rumah sakit sebagai adek koas, aku sering melihat bagaimana seorang penderita asma bisa mengap mengap saat bronkusnya menyempit. Sesaat mereka bisa kelelahan karena kekurangan oksigen dan menggunakan terlalu banyak energi sebagai kompensasi untuk memasukkan sebanyak mungkin oksigen ke paru-paru. Tapi, kita yang sehat? Ya Allah terima kasih untuk bronkus yang tidak mudah terangsang dan terima kasih untuk oksigen bersih yang tersedia setiap saat tanpa harus membayarnya. Nikmat mana lagi yang kita hendak lupakan? Tapi sayang kita sering lupa. Rukuk dan sujudlah sambil bertasbih kepada NYa, memuji NYa, berterima kasih atas nikmat yang tidak terkira kepada Yang Maha Kuasa.

Selain itu, malam nisfu sya’ban mengandung begitu banyak keutamaan. Seperti di dalam hadist disebutkan pada malam ini Allah akan mengampuni dosa bagi yang meminta, memberikan riski bagi yang memohon kecuali orang yang sirik dan bermusuhan. Subhanallah. Ayo hidupkan malam nisfu sya’ban kita. Hidupkan dengan zikir, syukur, istigfar dan salawat. Semoga kita berjumpa dengan ramadhan dalam kondisi baik dan semoga dipertemukan dengan bulan sya’ban selanjutnya. Amin

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s