asrama

dan masa masuk sekolah telah tiba. No more mos dan kami sudah sah jadi penerus di modal bangsa alias mosa. Leting 12 namanya dengan 90 orang personel. Pas. Oke, rutinitasnya gak jauh beda dengan sekolah asrama kebanyakan. Pagi kami harus salat subuh berjamaah di musalla. Aku dan ke 3 teman sekamar lain yaitu uja, maya dan fikri dari awal seolah pu ya kesepakatan sendiri mengenai bangun pagi ini. Sejak awal uja dan maya sudah bangun duluan dan mandi sebelum pergi salat subuh tapi aku dan fikri akan selalu dan pasti mandi setelah salat. Jadi tidak ada namanya rebutan mandi pagi. Ini pembawaan alam kamar 8 yang dibentuk dengan sangat alami. Hahaha.

Setelah salat subuh biasanya akan ada kultum 7 menit. Dan para wanita yang membacakannya. Jadi teringat kultum pertama ku di pagi itu.

Waktu itu pagi, entah bagaimana ceritanya aku yang harus membawakan kultum pagi itu, aku maju dengan judul kultum yang aku lupa. Berlahan aku maju. Kikuk? Jelas lah ini pengalaman pertama sekali. Awalnya saja sudah salah, aku tidak bisa menghidupkam mikrofon. Hahahaha. Akhirnya ada seorang lelaki barisan depan maju dan menghidupkan miknya. Kebodohan selanjutnya adalah Aku tidak naik mimbar, padahal mimbarnya hanya 5 cm. Kenapa? Aku takut. Semua sudah berhus ria, apalagi barisan depan “dek, naik mimbar dek, dek naik dek”, aku acuh saja, “alah abanh ne, apa naek, dikit cuma kultumnya”, kata ku dalam hati. Akhirnya aku selesai membawa kultum. Pagi itu tidak ada yang tau isi pidatoku, semua sibuk karena aku tidak naik mimbar. Aku? Hahaha, acuh.

 

Well, setelah nya aku tidak akan membuat gaduh lagi di mimbar itu. Mimbar ini membawa banyak cerita lucu, jika sempat akan aku ceritakan 2 pidato paling menarik yang pernah aku ingat yaitu hitam itu manis oleh siti maisarah dan cerita sebuah gelas keramik oleh siti safiatun.

Oke, setelah salat bagi yang ingin membaca alquran boleh tetap tinggal jika tidak boleh pulang kembali ke asrama. Dan aku sering masuk golongan ke dua pada awal nya.

Selanjutnya mandi pagi. Setiap kamar punya kamar mandi sendiri. Itu milik mereka selama 3 tahun ke depan, tunggal dan tidak ada yang bisa mengganggu gugat. Dan kami penghuni kamar 8 dapat kamar mandi nomor 8 begitu juga kamar lain. Tapi hal ini tidak berlaku untuk nona and the gank, yaitu nona, meutia, nyanyak dan meli. Kamar mandi mereka rusak dan tidak hidup air. Oleh karenanya saban subuh mereka berpencar mencari tumpangan kamar mandi. Dari satu kamar ke kamar lainnya. Mereka si pemburu kamar yang paling terkenal seantero mawar. Apalagi mereka suka berburu setelah subuh oleh karenanya mereka harus bersabar hingga semua pemilik kamar selesai mandi, konsekuensinya? Merekalah yang pasti dan teramat pasti orang yang selalu terakhir berangkat makan pagi.

Setelah mandi kami makan bersama diruang makan, pergi makan harus bersama, dan berbaris dulu lalu berdoa dan baru boleh makan bersama. Cukup bawa sebuah sendok dan kita bisa makan besar pagi itu. Menu istimewa ada di sabtu pagi nan cerah. Nasi goreng dengan telur dan segelas teh hangat. Anak muda yang berjaya. Makan adalah edisi hidup paling menyenangkan bagi ku di mosa. Aku tidak tau mengapa. Mungkin karena aku jarang makan bersama di ruang makan ketika dirumah dulu.

Selanjutnya kami berangkat bersama kesekolah. Dengan jalan yang menurun tepat di depan musalla, melewati persawahan kecil yang entah miliki siapa, ditemani matahari pagi yang bersinar dari balik pegunungan selawah yang masih tampak jelas dari sini. Ah, sebenarnya pagi disini adalah pagi terindah yang pernah aku punya. Tidak ada jembatan yang menakutkan seperti aku sekolah sd n smp dulu dan tidak ada kebisingan kendaraan seperti ketika aku beranjak kuliah. Pagi disini hanya aku, teman teman, matahari, angin dan pepohonan.

Selamat pagi selamat bersekolah hari ini.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s